Kamis, 25 Maret 2010

Aktivasi Otak Tengah

Akhir-akhir ini marak dengan kegiatan untuk mengaktifkan otak tengah. Hal ini di dasari pemikiran bahwa otak tengah manusia selama ini tidak aktif maka perlu diaktifasi. Orang-orang yang mampu mengaktifasi otak tengahnya akan memiliki kecerdasan dan moral yang lebih baik, karena terjadi keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri. Dampaknya adalah seseorang mampu melihat dengan mata tertutup. Membaca buku tanpa perlu membuka buku, dan memprediksi peristiwa yang akan terjadi. Tetapi apakah dasar pemikiran ini benar?
Saya bukan seorang ahli dalam bidang neurology, dan juga bukan ahli dalam bidang psikology. Namun saya mencoba berpikir kritis dan rasional. Saya coba menggali seputar informasi mengenai otak tengah.
Struktur otak manusia adalah Pertama adalah cerebral cortex fungsinya adalah Pemikiran, Gerakan Sukarela, Bahasa, Penalaran, Persepsi. Kedua adalah cerebellum disebut juga fungsinya adalah gerakan, keseimbangan, postur. Ketiga adalah batang otak. Fungsinya adalah pernafasan, detak jantung dan tekanan darah. Keempat adalah Hipotalamus yang sebesar kacang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, emosi, kelaparan, haus circadian Rhythms. Kelima adalah thalamus yang berfungsi sebagai sensor pengolahan, dan gerak. Keenam adalah daerah limbic. Daerah ini berfungsi untuk mengatur emosi, dan memori. Ketujuh adalah hippocampus yang berfungsi untuk belajar dan memori. Kedelapan adalah bangsal ganlia yang berfungsi untuk koordinasi gerakan. Dan yang kesembilan adalah midbrain atau otak tengah fungsinya adalah mencakup penglihatan, pendengaran, gerakan mata, dan gerakan tubuh.
Berarti fungsi otak tengah adalah pada penglihatan, pendengaran, gerakan mata dan gerakan tubuh. Yang menjadi suatu pertanyaan bagi saya adalah , jika benar seperti yang dikatakan bebarapa pihak mengatakan bahwa otak tengah manusia tidak aktif maka perlu diaktifasi, maka tentu tidak mampu melihat, mendengar, juga gerakan mata menjadi tidak teratur. Atau mungkin aktifasi yang dimaksud sebuah terminology yang khusus dalam sebuah istilah tertentu.
Misalnya istilah dalam dunia komunikasi aktifasi kartu HP, berarti kartu sebelumnya tidak aktif dan tidak bisa digunakan setelah diaktifasi baru bisa digunakan. Atau aktifasi cakra dalam diri manusia yang bisa menghasilkan kekuatan supernatural. Istilah ini banyak digunakan oleh gerakan zaman baru. Oleh karena itu, istilah aktifasi sendiri masih merupakan sebuah pertanyaan yang perlu di jawab.
Yang saya masih belum puas adalah belum saya dapat info yang membuktikan perubahan dalam struktur otak tengah setelah aktifasi. saya coba cari lewat browsing di internet juga saya belum dapat.
Saya mencoba menelusuri lewat internet. Dari beberapa situs yang menawarkan aktifasi otak tengah terutama kepada anak-anak. Tidak menjelaskan secara jelas bukti riil aktifasi otak tengah selain dari hasilnya yaitu bisa melihat dengan mata tertutup/ melihat tanpa menggunakan fungsi saraf penglihatan, bisa menebak kartu. Tetapi bukti bahwa bisa melihat dengan mata tertutup, bisa memprediksi/meramalkan hal-hal yang akan terjadi apakah benar aktifitas otak tengah atau bukan masih belum jelas. Dan mengapa tidak diberikan bukti ilmiah seperti perubahan struktur otak tengah setelah mengalami aktifasi adalah pertanyaan yang patut diajukan.
Ada lagi pertanyaan yang menggelitik pikiran rasional saya, yaitu: mampu melihat tanpa menggunakan syaraf penglihatan apakah itu merupakan bukti bahwa otak yang mengatur syaraf penglihatan berfungsi optimal atau malahan sebaliknya menjadi tidak berfungsi?
Saya coba baca artikel-artikel mengenai Blind Fold Reading sebagai bentuk kerja otak tengah. artikel-artikel ini mengatakan bahwa hal ini adalah ilmiah, berdasarkan penelitian, tetapi tidak satupun memberikan bukti-bukti ilmiah yang jelas, dan terpercaya. Bukti penelitian juga tidak disertakan. Hal ini yang membuat saya bertanya-tanya.
Pertanyaan-pertanyaan berikut ini yang muncul dalam benak saya;
1. Apakah melihat tanpa menggunakan mata padahal punya mata banyak berpengaruh signifikan dalam keberhasilan dan kebahagiaan hidup seseorang?
2. Apakah benar tidak ada effect samping psikologis dalamjangka panjang jika benar memang ada aktifasi instant otak secara paksa?
3. Mengapa para orang tua mau begitu mudah menjadikan anak-anak mereka bahan uji coba tanpa tahu effect sampingnya?
4. Mengapa disertakan bukti-bukti ilmiah seperti perubahan dalam struktur otak, hasil penelitian, siapa peneliti yang melakukan?
5. Para pelatih aktifasi otak tengah tidak memberikan bio data akademik mereka, sehingga pembaca tidak mampu mengenali apakah informasi mereka memang layak dipercaya?
6. Mengapa orang-orang yang super jenius tidak bisa Blind Fold Reading? (orang-orang yang dikategorikan Jenius tidak ada yang bisa membaca dengan mata tertutup, misal Einstein, Farady, Alfa Edison, Newton, Mozzard, Feurbach, Bethoven, dll). Faktanya banyak mentalis (dalam dunia sulap) yang bisa Blind Fold Reading tidak jenius?
7. Apakah benar peningkatan prestasi anak-anak yang ikut kegiatan ini dikarenakan menjadi jenius, atau karena muncul kemampuan meramal jawaban saja?
8. Mengapa begitu mudah orang tersihir dengan istilah genius? Apakah membaca tanpa mata tanda kegeniusan seseorang?
Dari perenungan rasional ini saya berkesimpulan bahwa kemampuan membaca tanpa mata sebagai aktifitas otak tengah sifatnya masih hipotesis.
Membaca tanpa mata belum terbukti signifikan meningkatkan kecerdasan anak. (apakah membaca tanpa mata merupakan bentuk kecerdasan?)
Akhirnya sebelum mengakhiri tulisan ini, ada istilah teliti sebelum membeli. Jangan terbius kata-kata ilmiah, penelitian, genius, dan lain-lain. Jangan jadikan anak sebagai kelinci percobaan ambisi orang tua.

6 komentar:

  1. Setelah membaca anda, kurang lebih pandangan saya hampir sama. Ada beberapa yang akan saya tambahkan untuk menambah bahan dalam diskusi yang menyenangkan ini :

    1. Ketika saya membaca buku panduan untuk kelas pelatihan anak-anak pintar yang diberikan oleh pusat pelatihan midbrain kepada anak-anak yang mengikuti kelas-kelas pengaktifan otak tengah ini ( saya mendapatkannya dari seorang guru yang muridnya telah mengikuti pelatihan otak tengah ini ). Ada satu bagian yang bertemakan “ Surat untuk Ayah dan Ibu “ pada bagian paragraf terakhir dituliskan demikian :

    “ Akhir kata, kami mengharapkan semua Ayah dan Ibu berusaha untuk mendidik anak-anak mereka agar dapat mengerti dan memahami melalui Neuro Linguistic Programming (NLP) ini, setelah dipraktikkan kita dapat melahirkan generasi yang Pintar, Penuh Kreatifitas dan Berdaya Saing “.

    Saya sendiri sangat berhati-hati sekali mengenai NLP ini, karena secara pasti NLP adalah produk dari humanisme ( NLP merupakan salah satu bagian dari Human Potential Movement ). Ini yang harus kita perhatikan, Jika NLP punya nafas yang sama dengan aktivasi otak tengah ada kemungkinan bahwa ini juga adalah produk dari humanisme yang dekat sekali dengan New Age ?

    2. Besar kemungkinan Aktivasi otak tengah ini menggunakan BINAURAL BEAT FREQUENCY. Binaural Beat Frequency adalah frekwensi yang dihasilkan melalui perhitungan matematika kompleks sehingga mampu menginterferensi dan menstimulasi gelombang otak untuk memasuki kondisi “trance” (frekwensi theta). Binaural Beat Frequency memiliki pengaruh yang kuat, bahkan lebih kuat dari pengaruh musik Klasik dalam menstimulasi gelombang otak manusia memasuki frekwensi tertentu, seperti alpha, theta & delta.

    Dengan menyelaraskan gelombang otak pada frekwensi tertentu maka kita akan mampu atau bisa memiliki kekuatan metafisika yang sangat berguna bagi kehidupan kita sehari-hari. Metoda ini ditemukan sejak tahun 1960 yang dilakukan oleh berbagai ilmuwan yang menyimpulkan bahwa frekwensi suara tertentu dapat menpengaruhi keadaan seseorang.

    Audio Binaural Beat Frequency yang diprogam dengan frekwensi khusus untuk diselaraskan gelombang otak kita ke dalam frekwensi alpha, theta dan delta. Anda hanya mendengarkan Audio Binaural Beat Frequency System yang menstimulasi otak yang memberikan respon kepada bagian otak yang berfungsi pusat kesehatan & kemanpuan paranormal, seperti: pembangkit energi tubuh (kundalini/cakra/aura/chi), mata bathin, terawangan, psikometri ESP (Extra Sensory Perception), telepathy, telekinetis, psychokinetis, lepas sukma, peningkat daya seksual, peningkat metabolisme tubuh dan sebagainya

    Bapak coba lihat contoh2 BBF di internet banyak banget, boleh coba..

    BalasHapus
  2. 3. Saya sendiri telah melihat bahwa penulis dahsyatnya otak tengah mengatakan di dalam http://otaktengah.com/ yang saya kutip demikian :

    "Pada saat Hartono menanyakan tentang kemungkinan ilmu hipnosis dipergunakan dalam aktivasi otak tengah, Andri menyatakan bahwa semua bentuk transfer informasi pasti melibatkan hipnosis. Apakah dalam proses aktivasi ini ada nasihat yang diberikan kepada anak? Andri bertanya, dan dijawab “Ya” oleh Hartono. Maka proses aktivasi otak tengah dapat dikatakan melibatkan indirect hipnosis (hati-hati pembaca!, kalimat ini jangan disalah tafsirkan, baca keseluruhan pembahasan), seperti juga proses menasihati pada umumnya yang dilakukan oleh orang tua, atau guru di sekolah . Tetapi aktivasi otak tengah tidak terlihat mempergunakan ilmu Direct Hipnosis, karena tidak ada mentor yang dilatih khusus untuk melakukan Direct Hipnosis."

    ini adalah pembodohan !!!
    proses hypnosis bisa dilakukan baik secara direct maupun indirect (langsung atau tidak langsung).
    Tujuan dari keduanya adalah membawa seseorang yang dihypnosis masuk ke kondisi alam bawah sadar tanpa dia sadari.

    sedangkan kalau proses menasihati pada umumnya yang dilakukan oleh orang tua, atau guru di sekolah. dilakukan pada anak dalam kondisi sadar dimana anak tersebut bisa memilih ikut atau tidak pada saran dan nasehat yang diberikan. sedangkan pada posisi seorang anak di sugesti dengan indirect hypnosis bagaimana ia bisa tahu, karena pada saat itu ia tanpa sadar telah dibawah ke alam bawah sadar... jelas sekali berbeda...

    demikian sedikit tambahan dari saya semoga bermanfaat bagi diskusi ini.. GBU

    BalasHapus
  3. Salam hormat,
    Saya seorang dokter gigi yang memperdalam antropologi kesehatan. Saya melihat bahwa kegiatan aktivasi otak tengah ini adalah new age movement dengan ciri yang khas yaitu
    - mengagungkan kekuatan manusia sebagai kekuatan super (sebagai inner energy)
    - menggunakan ritual meningkatkan kekuatan super melalui meditasi dengan musik

    Selanjutnya banyak saya uraikan dalam artikel ini
    http://filsafat.kompasiana.com/2010/09/14/aktivasi-otak-tengah-dan-new-age-movement-adakah-hubungannya/

    BalasHapus
  4. wow terima kasih buat komentar-komentar dan masukan-masukan serta tambahan-tambahan yang melengkapi pemikiran saya yang semula juga sekedar hipotesis saya, dengan data-data yang saudara-saudara berikan, semakin jelas bahwa unsur pembodohan dan unsur cultic New Age Movement.

    BalasHapus
  5. http://www.facebook.com/notes/grace-sumilat/korban-otak-tengah-cara-dunia/136846382992255

    BalasHapus
  6. 1. Seorang anak kelas IV SD timbul birahinya saat menonton adegan berciuman di TV, rasanya ingin mencobanya.....setelah mengikuti Aktivasi Otak Tengah Cara Dunia, MADIUN
    2. Seorang anak Sekolah minggu di test guru sekolah minggu dengan mata tertutup bisa membaca apa saja kecuali membaca Alkitab, hal yang sama terjadi di anak dari keluarga lain di MAGELANG dan hal yang sama terjadi juga di SOLO
    3.Seorang anak yang mengidap cacat mental bisa membedakan warna benda dengan mata tertutup, tetapi saat kain penutup diganti saputangan ibu Pendeta, sang anak tidak bisa membedakan warna benda apa saja, SOLO
    4. Seorang anak yang ditest dengan mata tertutup bisa membedakan warna benda apa saja, kecuali warna cover Alkitab, di SOLO
    5. Seorang anak yang ketakutan karna tidak bisa terhindar daripada melihat setan, setelah mengikuti program aktivasi otak tengah cara dunia, di SOLO
    6. Seorang anak di TEMANGGUNG, sudah bisa melihat di balik tembok, saat orang tuanya menyadari ada ketidakberesan, anak ini didoakan pelepasan, sang anak lari terbirit-birit, tetapi saat sang ayah mengikat roh yang menguasai anak ini, sang anak terhenti, didoakan pelepasan dan anak ini bermanifestasi menyeringai seperti kelelawar dan mengeluarkan suara yang menyeramkan
    7. dua orang anak kakak beradik di MAGELANG, menjoget dengan liar tanpa bisa dihentikan saat sepulang dari aktivasi otak tengah cara dunia diajak mama ke mall yang mana memutar musik panggung yang sangat keras, baru bisa berhenti saat pihak penyelenggara pameran mematikan musik
    8. seorang ayah dari seorang anak TK mengeluh dan marah, karna iming-iming tanpa efek samping tidak terbukti sama sekali, ketika anaknya mengusir dia keluar dari kamar dengan sangat kasar, yang notabene hal seperti itu sebelumnya belum pernah terjadi, di MADIUN
    9. seorang anak SD yang sedang berlatih tutup mata di rumah ditanya oleh seseorang " Kamu sudah bisa apa dik?" jawabannya sangat kasar " sambil tutup mata gini, aku menendang kamu juga bisa, Tante!" , MADIUN
    10. Seorang sekretaris dari perusahaan otak tengah cara dunia memilih keluar dengan gaji yang tidak sedikit, karena hati nurani tidak tahan melihat anak-anak di taruh di ruangan yang digelapkan, dan dia merasa merinding.....di sebuah kota
    11. Seorang anak yang ketakutan terhadap kegelapan total, meminta tidak jadi mengikuti program otak tengah cara dunia, sang orang tua yang bijaksana menuruti kemauan anak, daripada anak trauma. di MADIUN
    12. Seorang anak TK takut terhadap suara 'radio rusak", mencari mama yang tidak ada di tempat....(di Madiun)
    13. di SEMARANG, seorang guru prihatin dengan keadaan muridnya yang prestasinya malah menurun drastis dan murung serta suka menyendiri
    14. Di Semarang, ada kakak yang diikutkan orang tuanya, sang adik yang tidak ikut malah juga ikutan bisa membaca dengan mata tertutup, setelah ditanyakan pada pihak penyelenggara, jawabannya adalah karena mereka tidur dalam satu kamar. URAPANNYA NYEBAR? TRANSFER SPIRIT.
    15. Di Madiun, seorang anak yang tidak pernah juara 1 , mendadak jadi juara satu, setelah mencapai level bisa membaca pikiran bu guru (ini dari sang anak dan kesaksian sang guru sendiri). (nyontek dalam alam roh). Relakah anak Anda juara tetapi jiwanya binasa? Inikah yang Anda kejar? Juara? Orang nyontek tidak pernah menguasai ilmu yang sebenarnya...) PROGRAM PEMBODOHAN GENERASI tetap terjadi walau ada kejuaraan yang diraih. Nyontek dalam alam roh, membuat anak bodoh dan malas !! Hati-hati...!!
    16. Di Magetan, seorang ibu kaget setelah mengeri bahwa arti dari kata hyopnotis adalah dari kata hypnos yang berarti dewa tidur, karna anaknya yang gagal diaktivasi mengaku bahwa teman-teman yang berhasil justru yang tidurnya di kelas paling lama, dia yang tidak tidur kog malah tidak berhasil.
    17. kesaksian berikut menyusul kota-kota berikut.....dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka!!

    BalasHapus